Kamis, 02 Januari 2014

VELOCIRAPTOR

Velociraptor
(Speedy Thief)

Panjang 5-6 ft (1,5-2 m) dan 3 ft (1 m)
Berat 15-33 £ (7-15 kg)
Kelompok Dromeosaurida
Masa Hidup Cretaceous Akhir (sekitar 85 - 80 juta tahun lalu)
Cara berjalan Biped (Dua kaki)
Tempat tinggal Mongolia, Rusia, dan China
Makanan Daging (Karnivora)


Anatomi

Velociraptor adalah dinosaurus berkaki dua (bipedal) yang berjalannya sangat cepat. Ia pemakan daging yang memiliki gigi sekitar 80 yang sangat tajam, gigi melengkung panjang, moncong datar, beberapa gigi yang lebih dari satu inci (2,5 cm). Predator ini memiliki leher berbentuk huruf S, lengan dengan tiga jari yang memiliki cakar, kaki panjang yang ramping, dan kaki dengan empat ujung yang bercakar. Kepala Velociraptor memiliki panjang sekitar 7 inci (18 cm).

Velociraptor mungkin telah mampu berlari hingga sekitar 40 mph (60 km / jam) untuk jangka pendek.

Velociraptor memiliki panjang sekitar 5 - 6 kaki (1,5 - 2 m), dan 3 meter (1 m). Velociraptor memiliki berat sekitar 15 - 3 £ (7 - 15 kg). Ia memiliki ekor kaku yang bekerja sebagai penyeimbang dan apabila berlari sangat cepat ketika tikungan.

Sebuah cakar seperti sabit dengan panjang 3,5 inci (9 cm) yang dapat ditarik berada di kaki di jari tengah pada masing-masing kaki. Cakar ini adalah senjata utamanya, dan mungkin bisa membunuh sebagian besar mangsanya (pemakan tumbuhan seperti hadrosaurus) dengan mudah.

Otak Velociraptor relatif besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya (hal ini berlaku untuk semua dinosaurus dromeosaurida, yang merupakan dinosaurus paling cerdas).

Masa Hidup Velociraptor

Velociraptor hidup pada akhir periode Cretaceous, sekitar 85-80 juta tahun yang lalu. Dinosaurus yang sezaman dengan Velociraptor adalah Protoceratops, Gallimimus, Oviraptor, Edmontosaurus, Maiasaura, dan Saurolophus.

Lingkungan

Velociraptor hidup di lingkungan yang panas dan kering misalnya lingkungan gurun yang memiliki beberapa sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar