Kamis, 26 Desember 2013

IGUANODON ~ Dinosaurus Bergigi Iguana

Iguanodon
(Iguana Tooth)

Panjang 30 ft (9,3 m)
Berat 4-5 Ton
Kelompok Ornithopoda
Masa Hidup Cretaceous Awal (sekitar 135 - 125 juta tahun lalu)
Cara berjalan Biped (Dua kaki) atau Equadruped (Empat kaki)
Tempat tinggal Inggris, Belgia, Jerman, Afrika Utara, dan Amerika Serikat
MakananTumbuhan (Herbivora)


Iguanodon adalah dinosaurus pemakan tumbuhan yang memiliki lonjakan berbentuk kerucut pada setiap ibu jarinya. Dinosaurus dengan panjang 30 ft ini hidup pada awal periode Cretaceous (sekitar 135-125 juta tahun yang lalu).

Anatomi

Iguanodon adalah dinosaurus yang memiliki paruh ompong dan erat yang berisi gigi-gigi di dalam pipinya. Pada masing-masing tangan, Iguanodon memiliki empat jari jempol ditambah lonjakan berbentuk kerucut pada masing-masing tangan (yang tegak lurus dengan jari lainnya). Ibu jari mirip paku tersebut mungkin telah digunakan untuk pertahanan atau dalam memperoleh makanan, dengan panjang berkisar dari 2 - 6 inci. Iguanodon punya flat, ekor kaku dan tiga ujung kaki belakang yang ujungnya berkuku seperti cakar. Kakinya jauh lebih besar dari lengannya.

Iguanodon memiliki tinggi rata-rata sekitar 30 ft (9,3 m), 16 ft (5 m), tinggi pinggul 9 ft (2,7 m), dan memiliki berat kira-kira 4 sampai 5 ton.

Masa Hidup Iguanodon

Iguanodon hidup pada periode awal Cretaceous yaitu sekitar 135-125 juta tahun yang lalu, menjelang akhir Mesozoikum. Benua raksasa Pangaea terpisah pada saat ini, tetapi Iguanodon berhasil menyebar ke semua benua kecuali Antartika. Dinosaurus yang sezaman dengan Iguanodon antara lain adalah Baryonyx, Brachiosaurus, dan Hypsilophodon.

Perilaku

Iguanodon mungkin adalah hewan yang berkelompok, sebagaimana dibuktikan oleh penemuan fosil di Belgia. Dalam penemuan fosil ini, puluhan fosil Iguanodon ditemukan bersama-sama, menunjukkan bahwa mereka berkumpul selama hidup mereka.

Makanan dan Gigi

Iguanodon adalah herbivora (pemakan tumbuhan). Mungkin memakan Sikas dan tanaman prasejarah lainnya dengan menggunakan gigi paruhnya. Dia tidak memiliki gigi di bagian depan mulutnya, namun memiliki gigi yang kuat (sekitar 2 inci panjang) di sisi rahang (pipi gigi) yang digunakan untuk menggiling tanaman yang sulit dikunyah.

Kecerdasan

Iguanodon adalah ornithopod, yang kecerdasannya (diukur oleh otak relatif terhadap berat badan, atau EQ) adalah pertengahan antara dinosaurus lainnya.

Cara Berjalan

Iguanodon bisa berjalan dengan dua kaki atau berjalan dengan empat, Iguanodon adalah dinosaurus yang relatif cepat. Ahli paleontologi Inggris, David Norman menunjukkan bahwa beberapa Iguanodon dewasa berjalan menggunakan empat kaki. Iguabodon mungkin telah melakukan perjalanan secepat 15-20 km / jam (menurut D. Fastovsky dan D. Weishampel dalam "The Evolution and Extinction of the Dinosaurs"). Kecepatan Dinosaurus diperkirakan menggunakan morfologi (karakteristik seperti panjang kaki dan berat tubuh) dan jejak kaki fosil.

Penemuan Fosil

Nama Iguanodon adalah pemberian dari Gideon A. Mantell tahun 1825, gigi dan beberapa tulang ditemukan pada tahun 1822 (mungkin bersama dengan istri Gideon Mantell, Mrs Mary Mantell) di Sussex, (selatan) Inggris. Mantell mengakui kesamaan antara gigi Iguanodon dengan iguana modern, hanya saja Iguanodon memiliki gigi yang jauh lebih besar. Iguanodon adalah fosil dinosaurus kedua yang telah diberi nama, dan Mantell menamakannya Iguanodon, yang berarti "Iguana + Gigi" / "Gigi Iguana". Ratusan fosil Iguanodon telah ditemukan di seluruh dunia, terutama di Belgia, Inggris, Jerman, Afrika Utara, dan Amerika Serikat. Spesies jenis I. bernissartensis diberi nama oleh Boulenger dan van Beneden pada tahun 1881.

Klasifikasi

Klasifikasi Iguanodon :

* Kerajaan Animalia (hewan)

* Filum Chordata (memiliki saraf chord akhir yang berongga di dalam otak)

* Kelas Archosauria

* Ordo Ornithischia (burung-berpinggul, dinosaurus herbivora)

* Subordo Ornithopoda (burung berkaki, berparuh, bipedal, dinosaurus herbivora)

* Keluarga Iguanodontidae (keluarga besar, bipedal, herbivora, kaki panjang dengan ibu jari berujung paku, termasuk Ouranosaurus, Probactrosaurus, dan lain-lain).

* Genus Iguanodon

* Spesies : Jenis spesies I. Anglicus.

Spesies Iguanodon lainnya : I. atherfieldensis, I. bernissartensis, I. dawsoni, I. fittoni, I. hoggi, I. lakotaensis, dan I. ottingeri. Spesies ini berbeda dalam ukuran dan bentuk moncong. Ada lagi 17 spesies yang meragukan (mungkin dinosaurus lain, tetapi pada awalnya ditempatkan di genus Iguanodon).

Sumber :

* http://www.enchantedlearning.com /subjects/dinosaurs/dinos/Iguanodon.shtml (Diterjemahkan dan mengalami sedikit perubahan)

* http://skywalker.cochise.edu/wellerr/students/iguanodon/project.htm (Image)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar